Berikut Cara Menghindari SMS “Chat-V” yang Berbahaya Untuk Data Pribadi

FAST DOWNLOADads
Download
class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=6253
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


Teknologi yang semakin maju memang memperlihatkan dampak positif untuk manusia. Namun, siapa sangka dibalik positifnya ternyata ada sisi negatifnya yang sanggup merugikan insan itu sendiri. Sebenarnya teknologi tidak salah, namun yang salah yaitu para pelakunya. Seperti salah satunya yakni beredarnya perkara penipuan dan tindakan spam dengan memakai layanan SMS. Didalam SMS yang dikirimkan oleh penjahat ini, berisi sebuah teks biasa namun terdapat sebuah link. Nah, link ini ternyata berisi perintah untuk menginstall aplikasi yang tidak terperinci untuk mencuri data pribadi pengguna.


Modus kirim SMS dengan berisi link ini berjulukan “Chat-V”. Mengapa dinamakan demikian? Karena tautan atau link yang dikirimkan si pelaku mempunyai awalan “Chat-V”. Jika kau membuka SMS ini bekerjsama tidak masalah, namun kalau kita klik tautan tersebut maka secara diam-diam HP kau akan terinstall oleh aplikasi Android yang berbahaya. Disinilah sehabis aplikasi terinstall maka secara diam-diam juga aplikasi akan berjalan dengan sendirinya dibelakang layar untuk mulai mencuri data pribadi.


Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-Ciri SMS “Chat-V”?


Ini menjadi salah satu pertanyaan utamanya, alasannya SMS Chat-V ini sekilas tak mencurigakan alasannya sifatnya menyerupai chat orang yang sudah akrab. Lalu bagaimanakah kita mengetahui adanya SMS Chat-V ini?


SMS Chat-V dikirimkan memakai nomor telepon pada umumnya dan provider nomornya pun sanggup kita kenali dengan mudah. Seperti misalnya nomor “0896” yakni Tri, “0813” Telkomsel dan lain sebagainya. Namun, kalau ada nomor yang tidak terdaftar dikontak kau dan masuk ke SMS disinilah kau sudah harus curiga.Teknologi


Kemudian perhatikan isi pesan SMS tersebut. Jika isi pesan menyerupai sapaan atau dialog menyerupai orang bersahabat maka kau perlu mencurigainya. Terutama mengapa SMS ini terlihat bersahabat namun nomornya tidak ada didaftar kontak HP. Dan yang paling penting yaitu perhatikan linknya, kalau ada kalimat “Chat-V” pada linknya, maka sudah dipastikan itu yaitu SMS “Chat-V”.


Namun, walaupun kita blokir nomor telepon tersebut para pelakunya masih sanggup mengirimkan SMS Chat-V dengan nomor telepon lainnya. Ciri-cirinya pun masih sama menyerupai sebelumnya yang dijelaskan. Oleh alasannya itulah kau harus waspada mengenai SMS Chat-V dengan mengenali ciri-cirinya.


Cara Menghindari Spam SMS “Chat-V” yang Berbahaya Untuk Data PribadiTeknologi


Baru saja kau telah mengetahui wacana ciri-ciri dari SMS Chat-V. Lalu bagaiamana cara menghindari SMS Chat-V semoga kau tidak menjadi korban tindakan pencurian data? Berikut ini tips-tipsnya.



  1. Jika menemukan pesan SMS dari nomor tidak dikenal, maka disini kau sudah perlu curiga.

  2. Curigalah dengan isi pesan yang bersifat bersahabat namun dari nomor yang tidak dikenal.

  3. Jangan percaya dengan isi pesan yang sifatnya menyerupai ajakan.

  4. Apabila di SMS tersebut berisi link dengan awalan “Chat-V”, maka jangan diklik dan eksklusif saja hapus. Karena disitu sudah mengindikasikan bahwa itu yaitu SMS “Chat-V” yang berbahaya.


Lalu bagaimana bagi yang sudah terlanjut klik link tersebut? Nah, disinilah permasalahannya terkadang bagi orang awam yang tidak begitu paham mengenai modus-modus kejahatan menyerupai ini telah menjadi korbannya. Ada dua langkah yang sanggup kau gunakan apabila link tersebut sudah terlanjur dieksekusi.


Cara Mengatasi SMS “Chat-V” (Bagi yang Terlanjur Klik Link)


Langkah pertama yaitu kau sanggup memakai aplikasi antivirus. Berdasarkan informasi dari SAFEnet salah satu perusahaan keamanan informasi milik AS menyampaikan antivirus yang sanggup dipakai yaitu Malwarebytes. Ketika sudah mendapat aplikasi tersebut, eksklusif saja pindai HP-nya. Ketika ada agenda semacam aplikasi yang dianggap berbahaya oleh Malwarebytes, maka antivirus akan memberitahu kau untuk segera menghapusnya.Teknologi


Jika aplikasi berbahaya yang terinstall ternyata terlalu nakal untuk dihapus, maka langkah keduanya yaitu lakukan reset data pabrik (factory reset). Dengan melaksanakan reset data pabrik yang mengharuskan hapus seluruh data dan aplikasi, maka HP akan kembali kepada kondisi awalnya.Teknologi


 


Bagaimana kalau masih tidak sanggup juga? Maka langkah terakhir kau sanggup meminta santunan service center atau membeli ponsel baru. Biasanya kalau meminta santunan service center disana mempunyai bermacam-macam tindakan yang lebih serius dibandingkan yang kita lakukan ketika mendapati persoalan HP.


Penutup


Zaman kini tindakan kejahatan sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara dan salah satunya melalui layanan SMS. Meskipun sebatas pesan singkat namun pengaruh yang diberikan sanggup menyebabkan kerugian baik dari segi bahan atau non-materi. Oleh alasannya itulah kita sebagai pengguna selain arif mengoperasikan HP, kita juga harus arif dalam menjaga kemanan HP. Karena menyerupai yang kita tahu ketika ini sebagian besar data pribadi terdapat pada sebuah HP saja. Tentu sensitif sekali bukan? Oleh alasannya itu tetaplah waspada untuk diri kita.


FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url