Berikut Ini Perbedaan CPU, GPU dan APU yang Wajib Kamu Ketahui

FAST DOWNLOADads
Download
class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=1530
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


Perbedaan CPU, GPU dan APU – Bagi kau yang suka merakit komputer, tentu sudah tidak absurd dengan istilah CPU, GPU dan APU bukan? Tetapi sayangnya tidak semua orang mengetahui apa saja perbedaan CPU, GPU dan APU malah kebanyakan orang hanya mengetahui wacana CPU saja. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang kebingungan apalagi bagi orang awam yang gres mengenal komputer.


Tentunya dengan kau mengenal apa saja perbedaan dari ketiga poin tersebut maka tentunya kau akan mengerti komponen dan fungsi dari ketiganya sehingga pada ketika kau melaksanakan rakit komputer atau membeli komponen tersebut tidak kebingungan lagi. Langsung saja kita masuk ke pembahasan berikut ini.


Berikut Ini Perbedaan CPU, GPU dan APU yang Wajib Kamu Ketahuitentu


Tak bisa dipungkiri, bagi kau yang gres pertama kali berniat akan membeli dan merakit komputer maka kau harus mengetahui apabila terdapat beberapa komponen penting yang harus kau miliki yakni CPU, GPU atau APU. Komponen ini sendiri tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bagi kau yang masih belum paham dengan istilah ini maka bisa menyimak ulasan dibawah ini.


1. CPU (Central Processing Unit)tentu


Untuk ulasan yang pertama kita akan membahas mengenai apa itu yang disebut dengan CPU. CPU merupakan akronim dari Central Processing Unit dimana komponen yang satu ini mempunyai fungsi untuk menjalankan setiap hal yang diharapkan pada sebuah komputer semoga bisa melaksanakan sebuah proses.


Bisa dikatakan keberadaan CPU ini sangat penting sebab tanpa adanya CPU maka komputer tidak akan bisa menjalankan kiprah dengan semestinya. Selain itu, CPU juga akan menjalankan setiap proses menyerupai proses loading OS, menjalankan perintah untuk melaksanakan kalkulasi yang terdapat pada excel ataupun aktivitas lainnya dalam komputer.tentu


Biasanya aktivitas yang memakan banyak proses dari CPU ialah video games sehingga ia akan menentukkan kalkulasi khusus pada aktivitas tersebut.


CPU yang hadir ketika ini terbagi menjadi beberapa jenis menyerupai CPU Single Core 1.0 Ghz sampai CPU 8 Core 4.0 Ghz. Sebagian besar dari CPU ternyata juga mempunyai teknologi berbeda yang dipakai menyerupai terdapatnya CPU yang memanfaatkan Intel Hyperthreading. Dimana CPU dengan teknologi menyerupai ini biasanya mempunyai 4 inti atau core tetapi dianggap mempunyai 8 core oleh OS. Sehingga dalam prosesnya semoga lebih maksimal bisa memanfaatkan CPU 4 core.


2. GPU (Graphics Processing Unit)tentu


Untuk yang selanjutnya ialah GPU. GPU merupakan akronim dari Graphics Processing Unit dimana komponen ini juga sangat penting bagi sebuah komputer dimana akan melaksanakan proses terhadap tampilan layar komputer kamu.


Secara singkat fungsi dari GPU ini ialah untuk menampilkan apapun yang terdapat pada komputer. Tanpa adanya GPU maka komputer juga tidak akan berfungsi dengan sebaik mungkin. Untuk bentuknya sendiri, GPU mempunyai aneka macam macam bentuk dan ukuran.


Tetapi biasanya berbentuk lempengan atau dikenal dengan card yang akan ditancapkan pada sebuah slot PCI Express diatas motherboard. Bahkan ada yang bentuknya chip.tentu


Perbedaan CPU dengan GPU ialah untuk GPU sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memproses grafis dengan milyaran kalkulasi per detik. Jumlah core yang dimiliki juga tergantung dengan vendornya.


Saat ini Nvidia mempunyai GPU dengan spesifikasi gahar, yakni dari seri RTX 2080 yang mana sudah disematkan pada laptop gaming ASUS ROG G703GX dan MSI GT75 Titan. Sedangkan AMD sendiri yang tak mau kalah mempunyai RX 580


3. APU (Accelerated Processor Unit)tentu


Untuk komponen yang satu ini mungkin lebih gampang untuk dimengerti dibandingkan dengan komponen yang lainnya. APU sendiri merupakan akronim dari Accelerated Processor Unit yang mana ini merupakan adonan antara CPU dan GPU.


Artinya dalam prosesor APU terdapat pula proses grafis dari GPU sehingga laba dari prosesor yang satu ini kau tidak perlu memberi GPU secara terpisah serta pastinya efiisen dan lebih mudah.


Tetapi dibalik efisiennya prosesor APU ini terdapat salah satu kelemahan, yakni harus menyebarkan RAM serta cache yang sama. Tentunya hal ini membuat kemampuan GPU yang terdapat dalam APU mempunyai banyak keterbatasan. Lalu mengapa produsen prosesor membuat APU?


Karena CPU dan GPU kalau ditempatkan pada posisi yang sama memungkinkan para penggunanya akan mendapat efisiensi untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan. Selain itu kalau keduanya terintegrasi maka sanggup lebih irit energi kalau dibandingan dengan CPU dan GPU yang terpasang secara terpisah.


Sebelumnya AMD sudah mempunyai prosesor APU pertama dengan arahan prosesor Llano pada tahun 2011 silam. Namun ketika ini sudah meluncurkan produk dengan teknologi terbaru yaitu APU Athlon yang disematkan bersama GPU Radeon Vega Graphics dengan spesifikasinya 4 threads pemrosesan ditambah fitur kualitas HD 720p untuk eSports Gaming.


Namun pesaingnya, Intel ternyata telah menggandeng bersama AMD untuk menyematkan VGA Radeon Vega dengan prosesor buatan Intel. Sehingga gandengan tersebut terciptalah APU dengan nama produk Core i7-8705G Processor with Radeon™ RX Vega M GL Graphics


Dari Ketiganya, Sebaiknya Pilih yang Mana?


Sebenarnya untuk soal memilah-milih tergantung dari kebutuhan kau juga. Bila kegiatan kau bermain game kelas intensif, perancang desain atau keperluan untuk render video maka pilihan CPU dengan GPU terpisah cocok untuk digunakan.


Tetapi kalau kegiatan didepan komputer kau hanyalah rumahan atau keperluan kantor saja menyerupai membuat dokumen, menonton film, bermain game dengan kualitas low menyerupai Gamehouse maka memakai prosesor APU ialah pilihan yang sempurna untuk kebutuhan tersebut.


Demikian pembahasan mengenai perbedaan antara CPU, GPU dan APU. Semoga ulasan ini bermanfaat dan tentunya sanggup menambah ilmu gres yang sebelumnya kau tidak tahu kini menjadi tahu. Jangan lupa pantau kembali javastech.com untuk gosip menarik dan bermanfaat lainnya!


FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url