Intip Bahaya “Blue Light” dari Layar Smartphone Terhadap Kesehatan

FAST DOWNLOADads
Download
class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=5159
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


Setiap hari dari waktu pagi, siang, sore, malam sampai pagi lagi kita selalu bertatap dengan smartphone. Bagaimana tidak sebab segala kebutuhan dan acara kini hampir seluruhnya berafiliasi dengan smartphone. Makara tak bisa dipungkiri lagi bahwa lebih dari 24 jam smartphone selalu kita genggam dan tatap. Dibalik terus-menerusnya kita menatap layar smartphone ternyata secara tidak sadar ada salah satu unsur yang sanggup mencemari diri kita. Bahkan yang mencemarkan ini sanggup menjadikan gangguan kesehatan manusia! Lalu siapakah yang dimaksud unsur tersebut? Berikut ini yaitu gosip selengkapnya.


Apa Itu “Blue Light”?malam


Ya, unsur yang dimaksud adalah blue light atau cahaya biru. Blue Light adalah sinar yang terdapat pada spektrum cahaya yang bisa terlihat oleh insan dengan gelombang yang paling pendek dan memproduksi energi yang sangat besar. Cahaya biru ini dihasilkan dari perangkat elektronik yang ada disekitar kita ibarat televisi, laptop, PC, tablet dan tentunya smartphone yang sering kita gunakan.


Adanya blue light adalah sanggup bermanfaat untuk menciptakan diri kita semakin produktif, fokus, dan terjaga meski tubuh terasa lelah. Selain itu, cahaya biru juga bisa mempengaruhi jam berdiri dan jam tidur kita. Nah, selain bermanfaat ternyata ada imbas samping yang ditimbulkan apabila terpapar terlalu lama.


Apabila kita bermain smartphone dikala malam hari terlebih lagi kalau hanya ada cahaya HP yang menyorot, maka akan menjadi sulit untuk mengantuk atau tidur dan pastinya akan berdampak pada kesehatan kita. Hal ini kembali lagi ke soal manfaat blue light yakni tetap terjaga meski tubuh lelah. Dengan demikian tubuh menjadi dipaksa untuk terus berada pada posisi tersebut.


Jika dijelaskan secara ilmiah, cahaya biru yang terpancar akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan tubuh sudah sangat lelah, kita tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin.


Apalagi jika blue light ini mempunyai gelombang yang pendek, kemudian cenderung berkedip-kedip sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa blue light dapat mengganggu kesehatan khususnya pada mata dan pikiran yang gampang lelah.


Dampak Negatif Untuk Kesehatanmalam


Kita sudah mengetahui ihwal apa itu blue light atau cahaya biru beserta manfaat dan imbas sampingnya. Bahkan juga tadi sudah dijelaskan secara ilmiahnya mengapa hal demikian bisa terjadi. Nah, kini apa saja dampak negatif untuk kesehatan apabila terpapar blue light terlalu lama?



  1. Mengganggu kesehatan mata ibarat pandangan buram, kesulitan fokus, mata kering dan iritasi.

  2. Sakit kepala, leher atau punggung

  3. Meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker.

  4. Meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

  5. Meningkatkan risiko depresi.

  6. Dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen yang sanggup berujung pada kehilangan penglihatan.


Cara Mengurangi Bahaya Blue Light


Kesehatan yaitu salah satu hal paling mahal yang harus dijaga. Sebab, siapa saja menginginkan tubuh yang sehat dan bugar biar sanggup dipakai untuk menjalankan banyak sekali aktivitas. Blue light ini memang terlihat sepele memang, tapi kalau terus-menerus terpapar dalam jangka waktu yang usang sanggup menjadikan ancaman pada kesehatan. Untuk menghindari dampak negatifnya berikut ada beberapa cara yang bisa kau ikuti dibawah ini.



  1. Menggunakan kacamata dengan filter khusus untuk blue light.

  2. Bila kondisi tubuh sudah tidak nyaman untuk memakai smartphone, cobalah untuk rehat sejenak dan lakukan peregangan.

  3. Gunakan fitur blue light filter untuk memfilter cahaya biru yang terpancar dengan warna yang lebih hangat (coklat-kemerahan).

  4. Jaga jarak pandang antara mata dengan layar smartphone. Karena dengan jauhnya jarak mata dengan layar, maka terpaparnya blue light pun mengecil.

  5. Mengurangi gangguan pada kesehatan mata dengan cara:

    • Atur tingkat cahaya atau brightness pada layar.

    • Buat ukuran font teks menjadi besar biar saat melihat tidak perlu mendekatkan mata bahkan sampai mengernyit.

    • Berikan jeda untuk mengistirahatkan mata.




Kesimpulan


Cahaya biru sudah berada disekitar kita bahkan yang paling bersahabat yaitu smartphone. Terdapat sisi baik dan negatifnya. Sisi baiknya ini bila kita lakukan memang akan menunjukkan dampak yang menguntungkan. Akan tetapi, perhatikan juga dari sisi kesehatannya sebab bila berlebihan sanggup menjadikan gangguan kesehatan khsususnya pada mata. Kamu tetap bisa memakai smartphone namun jangan mengindahkan kepentingan kesehatan.


FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url