Intel atau AMD? Manakah Prosesor yang Terbaik Untuk Kamu?

FAST DOWNLOADads
Download
class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=5943
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


Ketika ingin membeli sebuah komputer kemudian dirakitnya, tentu kita akan menentukan telebih dahulu perangkat keras apa yang ingin digunakan. Ada aneka macam macam perangkat keras yang kita perlukan untuk membangun sebuah komputer. Apalagi jikalau komputer tersebut yaitu komputer yang dibangun menurut impian. Mungkin jikalau VGA, PSU, RAM dan sebagainya bisa dipilah-pilih alasannya yaitu ada aneka macam brand yang bisa digunakan. Tapi jikalau kau menentukan prosesor maka pilihannya hanya dua saja, Intel atau AMD.


Dua brand ini sama-sama anggun dan banyak digunakan. Nah, kini masalahnya yaitu terkadang kita ingin merancang komponen komputer dibingungkan dengan dua pilihan prosesor ini. Pihak satu bilang gunakan saja AMD sekaligus menjelaskan kelebihannya. Pihak kedua pun demikian menyampaikan pilih saja Intel dengan membandingkan ke kompetitornya. Dua pendapat inilah yang sesungguhnya sama-sama anggun malah menciptakan kita jadi resah sendiri ketika menentukannya.


Intel atau AMD? Manakah Prosesor yang Terbaik Untuk Kamu?Ketika


Ketika ingin membangun sebuah komputer kita memang diharuskan untuk mengetahui terlebih dahulu perihal komponen-komponen yang akan digunakan. Khususnya ketika akan menentukan prosesor untuk komponen pemrosesan komputer. Lalu bagaimanakah menentukan pilihan prosesor yang terbaik?


Kelebihan Prosesor IntelKetika


Intel merupakan prosesor komputer yang sudah populer diseluruh dunia semenjak lama. Sebenarnya sama dengan AMD umurnya, namun jikalau dilihat dari popularitas dan brandingnya memang masih menang Intel. Hal ini alasannya yaitu Intel sering mengeluarkan prosesor dengan teknologi atau terobosan terbarunya. Seperti yang terbaru kali ini yaitu Intel Core i7 dengan gen 10. Bagi yang memerlukan kecepatan pemrosesan dengan tingkat tinggi, maka prosesor Intel yaitu pilihannya. Tetapi, harga yang dipatok oleh Intel pun juga tinggi menyesuaikan dengan apa yang dibawa oleh prosesor buatannya.


Kemudian walaupun Intel populer alasannya yaitu kecepatannya, ternyata keunggulan lainnya dari prosesor ini yaitu hemat daya. Khususnya ketika terpasang pada laptop yakni penggunaan baterainya yang irit. Dengan kata lain, prosesor biro diam-diam hemat listrik ketika digunakan.


Merk Intel memang populer alasannya yaitu kecanggihan teknologi yang dibuatnya. Salah satunya yaitu ketika prosesor ini bekerja suhunya tidak gampang panas. Karena teknologi yang dirancang oleh Intel yaitu prosesornya sanggup mengatur suhu dengan sendirinya. Maka dari itu jarang sekali ada kasus prosesor ini mengalami overheating ketika beroperasi.


Masih berlanjut dari beroperasinya prosesor ini. Keunggulan lainnya yaitu prosesor biro diam-diam tidak berisik ketika sedang bekerja. Sebenarnya masuk akal saja ketika prosesor mengeluarkan bunyi menyerupai hembusan angin asalkan bunyi yang dihasilkan tidak berlebihan. Karena sanggup mengganggu kenyamanan para penggunanya. Intel tetap mengedepankan kenyamanan para pengguna dengan tetap bagaimana caranya biar prosesor ini tidak mengganggu meskipun hanya soal suara.


Intel lebih dikenal alasannya yaitu brand yang unggul, plus menghadirkan teknologi terbaru ketika diperkenalkan ke publik. Hal ini juga didukung alasannya yaitu Intel yaitu produsen prosesor yang lebih dulu ada dibandingkan dengan AMD. Karena umur yang lebih lama, maka tingkat kepercayaan konsumen lebih kepada Intel. Tapi jikalau dibandingkan dari segi kualitas, keduanya sama-sama mempunyai kualitas teknologi yang baik. Jikalau ada yang kurang, mungkin perbandingannya hanya 9/10 saja.


Kekurangan Prosesor Intel


Dari keunggulan yang telah disebutkan ternyata Intel masih mempunyai kekurangan yang harus kau ketahui juga. Berbicara soal performa yang handal, tinggi dan spesifikasi mantap memang Intel yaitu juaranya. Namun, harga yang dipasarkan oleh Intel mahalnya juga juara. Harga yang mahal dari Intel memang sudah setara dengan apa yang dimiliki oleh prosesor tersebut. Jadi, mau alasan apapun sebaiknya lihat kembali dari keunggulannya.


Selain prosesornya terbilang mahal, biaya perbaikannya pun juga demikian. Karena jikalau prosesor Intel mengalami kerusakan, maka untuk memperbaikinya prosesor dan motherboard harus dipisah terlebih dahulu. Nah, disini biaya untuk pemisahannya saja sudah mahal bagaimana dengan perbaikan prosesornya?


Ada teknologi APU atau Accelerated Processing Unit dimana prosesor mempunyai kemampuan ganda untuk pemrosesan operasi komputer (CPU) dan pemrosesan grafis komputer (GPU). Pada prosesor Intel mempunyai chipset yang tertanam pada motherboard yang bisa untuk mengelola grafis tanpa membutuhkan VGA add-on. Ini biasa disebut dengan VGA on-board.


Sedangkan AMD memikiki pemrosesan grafis (GPU) yang ditanam ke dalam prosesor buatannya. Artinya yaitu didalam prosesor AMD terdapat juga VGA yang sudah terintegrasi atau tertanam. Sehingga sanggup mengolah grafis tanpa membutuhkan VGA dan pemrosesannya dikerjakan oleh prosesor tersendiri. Inilah yang dikatakan teknologi APU atau Accelerated Processing Unit.


Jika disimpulkan, maka AMD unggul dibandingkan Intel soal pemrosesan grafis tanpa VGA tambahan. Karena sebuah prosesor AMD Ryzen 3 2200G bisa menjalankan game PUBG tanpa VGA tambahan. Bagaimana dengan prosesor Intel? Tentu acara menjalankan game tidak akan bisa dilakukan jikalau tidak ada VGA tambahan.


Tetapi jikalau kita bandingkan soal bagaimana pemrosesan gamenya (bukan grafis), maka prosesor Intel tetap yang unggul dibandingkan AMD. Karena Intel bisa mengemban operasi yang sifatnya berat.


Kelebihan Prosesor AMDKetika


Sesudah mengetahui perihal Intel, kini saatnya menyebrang ke bab kompetitornya yakni Advanced Micro Devices atau lebih dikenal dengan “AMD”. Sedikit intermezo, AMD selain sanggup menciptakan prosesor komputer atau laptop ternyata ia juga sanggup menciptakan GPU. Salah satunya yang kita kenal yaitu AMD Radeon.


Berbicara soal grafis dari AMD, ternyata kompetitor Intel itu juga mempunyai APU atau Accelerated Processing Unit. APU yaitu sebuah prosesor yang didalamnya sudah terintegrasi dengan VGA yang ditanam. Jadi, sebuah grafis masih sanggup diolah hanya dengan sebuah prosesor tersendiri. Nah, salah satunya yaitu pada prosesor AMD Ryzen 3 2200G yang bisa menjalankan game PUBG tanpa VGA tambahan. Sedangkan Intel tidak bisa melaksanakan hal tersebut. Disinilah teknologi mutakhir milik AMD yang tidak ada pada Intel.


Ingin prosesor siap gaming namun harga tetap terjangkau? Maka AMD yaitu pilihan yang sempurna untuk kamu! Mengapa prosesor AMD lebih murah? Karena mereka belum mendominasi pasar dunia dalam susukan prosesor. Hingga ketika ini saja, Intel masih merajai pasar prosesor. Meskipun murah, tetapi AMD ini peminatnya ternyata banyak khususnya untuk gamers menengah ke bawah.


Selain prosesor siap gaming dengan harga terjangkau, ternyata prosesor tersebut terdapat fitur yang tidak ada pada Intel juga. Fitur tersebut berjulukan Enchanced Virus Protection (EVP) yang sanggup mendeteksi malware ketika aplikasi atau jadwal dijalankan. Cara kerjanya yaitu EVP mengecek jadwal yang dijalankan, kemudian jikalau terdeteksi ada virus jadwal tidak dijalankan. Tetapi, jikalau tidak ada virus, maka jadwal bisa jalan dengan izin AMD. Program EVP ini berjalan juga dengan menyisihkan sebagian memori dari aplikasi sebagai data saja. Walaupun murah tetapi keren bukan fiturnya?


Kekurangan Prosesor AMD


Pernahkah kau mendengar dari beberapa orang yang menyampaikan prosesor AMD itu cepat panas? Ya, ini yaitu salah satu kekurangan dari prosesor AMD yakni cepat panas. Mengapa demikian? Karena prosesor AMD ketika sedang transfer data, maka kecepatan transfer yang dihasilkan akan dipertahankan. Dampak baiknya yaitu transfer data berjalan stabil namun dampak sampingnya yaitu prosesor menjadi panas. Ditambah lagi jikalau heatsink dan fan dari AMD tidak bisa menangani panas dari prosesor yang bekerja, maka panas pun semakin bertambah.


Kesimpulan


Demikianlah pembahasan mengenai prosesor Intel dan AMD. Pembahasan ini bertujuan untuk memperlihatkan gosip perihal kunggulan dan kekurangan disetiap masing-masing prosesor. Tetapi disini bisa ditarik kesimpulan bahwa apabila kau ingin mempunyai performa komputer yang mantap maka prosesor Intel bisa jadi pilihanmu.


Namun, imbangi juga dengan budget yang kau miliki. Nah, berbicara budget bagi yang ingin sekelas Intel namun dengan harga terjangkau maka prosesor AMD bisa jadi pilihanmu untuk budget yang standar-standar saja. Jika dipikirkan, AMD masih mempunyai keunggulan yang beda tipis dengan Intel salah satunya soal VGA terintegrasi. Sekarang semua keputusan pilihan menjadi ditangan kamu.


FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url