2 Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

FAST DOWNLOADads
Download
class=kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left
data-id=3448
data-slug=>





































Berikan Penilaian Informasi


2 Cara Praktis Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya – Seiring teknologi yang semakin canggih, maju dan terbarukan ada beberapa dampak yang ditimbulkan olehya dan salah satunya yaitu dari dari bidang broadcasting, yaitu soal video. Dengan teknik perekaman yang semakin canggih lantaran alat-alat dan software -nya, maka keluaran dari rekaman tersebut akan menghasilkan video dengan kualitas yang jernih dan tinggi. Dahulu, kualitas video hanya dikatakan sebatas HD saja (High Definition). Namun sekarang, kualitas video sudah mencapai 4K bahkan YouTube saja sudah support untuk menampilkan video hingga berkualitas 8K. Hebat bukan?


Tetapi hasil video dengan kualitas terbaik tersebut tentu mempunyai pengaruh sampingnya, yakni ukuran file yang begitu besar. Apabila kita mempunyai dan menyimpan video dengan ukuran yang besar tersebut, tentu akan menciptakan penyimpanan pada media akan bekurang dengan jumlah yang cukup signifikan. Oleh karenanya, mengkompres atau mengurangi file video sanggup menjadi salah satu cara yang sanggup dilakukan semoga jumlah ukuran file sanggup berkurang sehingga media penyimpanan sanggup lebih ekonomis untuk beberapa persen.


2 Cara Praktis Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi KualitasnyaCara


Kali ini, Java’sTech akan memaparkan bagaimana caranya untuk memperkecil ukuran file video bahkan tanpa harus mengurangi kualitasnya. Tetapi cara yang satu ini membutuhkan sebuah software untuk membantu melakukannya, alasannya ada tools-tools yang sanggup dipakai semoga pengurangan ukuran file sanggup dilakukan. Langsung saja kita masuk ke pembahasannya berikut ini.


1. Menggunakan Freemake Video Converter


Memperkecil Ukuran File Video



  • Install softwarenya dan buka kegiatan tersebut.

  • Pilih video yang ingin diperkecil atau dikompres ukurannya dengan klik “Video”.Cara

  • Pilih format output yang dikeluarkan. Disini Admin sebagai pola menentukan format MP4 sebagai hasil keluarannya.Cara

  • Atur ukuran file sesuai keinginan, kemudian klik “Convert”.Cara


Cara yang satu ini cocok untuk kau apabila tidak ingin repot namun menginginkan video dengan kualitas yang cantik dan ukuran file video yang kecil. Setelah kau klik “Convert” maka biarkan kegiatan menjalankan tugasnya sesuai dengan setelan yang diinginkan.


Mengubah Resolusi Video


Nampaknya resolusi yang tinggi ibarat 720p dan 4K, menciptakan ukuran file video semakin besar lantaran resolusi tersebut menghasilkan kualitas terbaik. Tetapi, lantaran keterbatasan memori penyimpanan, kebanyakan orang lebih menentukan untuk menurunkan resolusinya menjadi 360p atau maksimal 480p saja. Cara ini direkomendasikan bagi kau pengguna smartphone dengan memori penyimpanan yang rendah. Berikut langkah-langkah untuk mengubah resolusi video.



  • Buka kegiatan Freemake Video Converter.

  • Pilih video yang ingin diperkecil atau diubah resolusinya dengan klik “Video”.

  • Pilih format output yang diinginkan.

  • Klik ikon setelan ibarat pada gambar berikut.CaraKemudian pilih resolusi video yang kau inginkan. Setelah menentukan resolusinya, klik “OK”.Cara

  • Terakhir kau convert videonya.


Mengubah Codec VideoCara


Ada beberapa jenis codec video dimana masing-masing mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Dengan mengubah codec video ini ukuran file dari video tersebut sanggup berkurang hingga dengan 2-3 kali lipat. Salah satu codec yang paling efisien yaitu H.264.


Mengubah Frame RateCara


Frame rate merupakan jumlah frame yang dimunculkan tiap detiknya. Frame rate sebuah video jumlahnya bervariasi, biasanya antara 24-30 fps. Tetapi untuk video kini sanggup mencapai 60 fps. Untuk memperkecil video, kau sanggup menurunkan frame rate tersebut, contohnya yang tadinya 60 fps menjadi 30 fps. Dengan ini maka ukuran video juga akan menurun secara signifikan. Namun cara ini sanggup mengurangi kehalusan dari video tersebut.


Mengurangi Nilai Bitrate VideoCara


Bitrate juga memengaruhi ukuran dari sebuah video, semakin kecil nilai bitrate dari sebuah video maka semakin kecil juga ukuran dari file video tersebut. Jika kau ingin memperkecil ukuran file video, maka kau sanggup mengurangi nilai dari bitrate video tersebut. Namun, hal yang perlu kau ingat yaitu dilarang mengurangi bitrate video terlalu rendah lantaran sanggup berakibat jelek pada kualitas video, disarankan nilai bitrate antara 1400 hingga 2000 kbps saja.


2. Menggunakan “Handbrake”


Handbrake yaitu sebuah software yang sanggup kau gunakan untuk memperkecil ukuran video sehabis Freemaker Video Converter. Software ini merupakan software multiplatform, maksudnya yaitu kau sanggup memakai di banyak sekali OS ibarat Windows, Linux, dan Mac OS. Berikut ini yaitu cara untuk memperkecil file video dengan memakai handbrake.



  1. Download, install dan jalankan software Handbrake.

  2. Klik File untuk mengambil video dari penyimpanan hardisk.Cara

  3. Pilih tab menu “Summary” dan pilih lagi format keluarannya. Disarankan memakai format MP4 saja lantaran format ini paling banyak dipakai dalam video selain itu ia paling efisien dalam hal penyimpanan ruangan. Jangan lupa juga centang bab “Web Optimized”.Cara

  4. Selanjutnya, ubah kualitas video menjad lebih kecil ibarat 720p,480p atau 360p.Cara

  5. Ubah video codec menjadi 264.Cara

  6. Terakhir atur dimana destinasi penyimpanan video dan sehabis itu klik start untuk memulai prosesnya.Cara

  7. Selesai.


Demikianlah 2 Cara Praktis Memperkecil Ukuran File Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya. Semoga pembahasan kali ini sanggup menjadi solusi bagi kau yang ingin mengurangi ukuran video dengan ukuran yang besar. Selamat mencoba!


FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url